cara menghilangkan karat pada jari jari motor

Posted on

Cara Sederhana Menghilangkan Karat Pada Velg Dan Ruji Motor | Teknik-Otomotif.Co.Id

langkah melenyapkan karat pada jari jari motor – Bagi pemakai sepeda motor, pelek dan jari-jari gelindingan acap kali susah dibersihkan, lebih-lebih kalau ada spot yang berkarat. Pelek gelindingan motor lazimnya gampang berkarat sebab tidak langsung dibersihkan sesudah terkena genangan air saat musim hujan.

Kalau tidak dibersihkan, karat itu akan merusak dan mengakibatkan lapuk pada pelek motor. Akibatnya, ban motor akan lebih gampang bocor.Menukil  situs It Still Run, karat yang tipis bisa dibersihkan dengan gampang. Sebaliknya karat yang tebal cuma bisa dibersihkan dengan produk pembersih khusus.

Kendatipun menyapu karat pada pelek gelindingan motor menghabiskan bnyak waktu, terdapat beberapa cara  yang sesungguhnya gampang dilaksanakan.

Akan tetapi, sblm melaksanakan pembersihan, siapkan pelumas anti-karat, pemati karat, bantalan wol baja, serta kompresor. Berikut cara-cara menyapu karat pada pelek gelindingan motor.

1. Posisikan motor berdiri dengan standar tengah, untuk mempermudah gelindingan berbalik arah.

2. Usap kalangan yang berkarat dan dekil di jari-jari pelek memakai sikat kawat kuningan atau dipanggil Brass Wire, kemudian bersihkan dengan udara terkompresi (compressed air).

3. Semprotkan pelumas anti karat ke bantalan wol baja (steel wool pad). Lalu, gosok jari-jari pelek itu.

4. Semprotkan lagi pelumas ke bantalan wol baja seperlunya, dan kemudian trus digosok sampai jari-jari pelek bener bener bersih dari karat.
5. Cara  di atas cuma tepat sasaran untuk menyapu karat tipis. Kalau karat pada pelek gelindingan motor telah tebal, dibutuhkan cairan pemati karat.

6. Untuk menyapu karat yang tebal, oleskan cairan pemati karat memakai kuas pewarna ke sebelah pelek yang berkarat. Cukup oleskan cairan pemati karat, tanpa meneteskannya.

7. Tunggu cairan itu melenyapkan karat dalam waktu sekitar 10 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

8. Periksa jari-jari gelindingan untuk meyakinkan terdapat taknya sisa-sisa karat. Lalu, untuk kedua mungkinnya oleskan lagi cairan pemati karat kalau masih terdapat karat bobot yang tampak.

9. Kemudian jauhkan noda-noda karat yang lebih kecil, dengan memakai bantalan wol baja dan pelumas anti-karat.

10. Basuh semua sebelah gelindingan dengan sabun dan air untuk menyingkirkan partikel karat yang telah mengendur di sepanjang pelek. Semprotkan juga pelumas anti karat pada pelek.

11. Lalu, keringkan gelindingan dengan udara yang terkompresi atau pengering.

Jika tidak ada peralatan yang dibutuhkan untuk pembersihan karat seperti diceritakan dalam perincian di atas, terdapat beberapa sarana opsi yang dapat dipakai.

Opsi pertama, adalah air soda (tanpa pemanis). Tuangkan air soda pada lap bersih, lalu gosokan ke sebelah pelek yang berkarat. Langsung, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Cara lainnya, atau opsi kedua, adalah batu hijau (Watu Ijo). Haluskan batu hijau dan campur dengan minyak kayu putih serta air soda. Lalu, gosokkan larutan itu secara merata ke sebelah pelek atau jari-hari gelindingan yang berkarat, dengan memakai kertas. Jika telah bersih, bilas dengan air dan keringkan.

Akternatif terakhir, gunakan tanah lihat atau tanah putih. Guyur tanah lihat atau tanah putih dengan air secukupnya. Lalu, gosokkan ke sebelah pelek yang berkarat sampai amat bersih. Kalau telah, bilas dengan air dan usap dengan lap sampai kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *